Selasa, 20 Desember 2011

Trancendental Meditation (TM)






T
rancendental Meditation adalah teknik relaksasi psikis dan fisik yang paling populer saat ini. TM direalisasikan di India pada tahun 1955 oleh Maharishi Mahesh Yogi dan di anggap sebagai ritual keagamaan Hindu oleh sang pelopor. Sampai penelitian terakhir bahwa TM adalah teknik relaksasi yang bersifat universal bukan dari bagian agama tertentu. Hingga saat ini Tm dikenal di dunia Barat mulai tahun 1959 sebagai salah satu teknik yoga.
Beberapa pandangan mendefinisikan TM sebagai sekelompok latihan untuk membatasi pikiran dan perhatian yang bertujuan untuk meningkatkan taraf kesadaran yang selanjutnya dapat membawa proses-proses mental bisa lebih dikontrol secara sadar.

Secara global, Tm bertujuan untuk meningkatkan kehidupan rohani atau mencapai kesadaran mistik trancendental dengan sesuatu yang gaib. Tujuan ini berkaitan dengan sejarah awal TM yang digunakan sebagai ritual keagamaan. Saat ini, manfaat dari TM itu sendiri dapat dirasakan sebagai suatu penyelesaian permasalahan kesehatan fisik. Contoh, banyak orang menggunakan TM untuk menyembuhkan kadar kolesterol, asma, dan hipertensi.
Pada aspek psikologis, sampai saat ini TM dilakukan sebagai upaya penyelesaian stress yang berkepanjangan, menurunkan kecemasan, kontrol diri lebih internal, Membuat pikiran lebih jernih, lebih fokus, meningkatkan kecerdasan (IQ), meningkatkan daya ingat (memori), meningkatkan integrasi dari fungsi otak, meningkatkan kemampuan berinovasi, meningkatkan kemampuan belajar, dan aktualisasinya lebih tinggi.
Pada aspek interaksi sosial TM bertujuan untuk, meningkatkan apresiasi terhadap sesama, meningkatkan kepuasan terhadap pekerjaan, meningkatkan hubungan dengan Tuhan,, meningkatkan hubungan dengan rekan sekerja dan teman, meningkatkan kemampuan adaptasi secara fisiologi, psikologi, sosiologi, dan ekologi, Mengurangi tingkat kejahatan.
 Faktor ketertarikkan Meditasi
  1. Mulai tumbuhnya kesadaran dan minat terhadap buday-budaya dan filsafat timur.
  2. Adanya ketidak puasan batin. Sehingga tujuannya adalah untuk meningkatkan kehidupan rohani dan meningkatkan diri pada Tuhan atau mencapai kesdaran mistik transendental dengan Tuhan.
  3. Minat kalangan ilmuwan dipengaruhi oleh adanya human potential movement dan penelitian tentang adanya kesadaran diluar kesadaran normal sehari-hari (Altered State of Conciousness)
Penelitian Meditasi
  1. Pada gelombang otak yang direkam EEG (Electro Encepahlo Graph) menunjukkan bahwa banyak munculnya gelombang alpha, yaitu gelombang otak yang terdapat pada kondisi tubuh yang rileks.
  2. Menurunkan kadar kolesterol, asma dan hipertensi (Wals,1983)
  3. Tarak kecemasannnya lebih rendah, kontrol dirinya lebih internal dan aktualisasi dirinya lebih tinggi.
  4. Meningkatkan percaya diri, kontrol diri, harga diri, empati dan aktualisasi diri.

Teknik yang dilakukan dalam Trancendental Meditation adalah sebagai berikut:
Ada 7 langkah yg harus dilakukan untuk mempelajari Meditasi Transcendental :
  1. Ceramah Perkenalan
Menjelaskan mengenai Meditasi Transcendental, dan manfaatnya
  1. Ceramah Persiapan
Menjelaskan mengenai prinsip, mekanisme Meditasi   Transcendental dan apa saja yg perlu disiapkan.
  1. Wawncara Pribadi
Melakukan diskusi dan harapan yang ingin dicapai.
  1. Pengajaran Perorangan
Mengajarkan teknik Meditasi Transcendental
  1. Pemeriksaan Hari Pertama
Memverifikasi pengalaman dan hasil latihan Meditasi         Transcendental di hari pertama.
  1. Pemeriksaan Hari Kedua
Memverifikasi pengalaman dan hasil latihan Meditasi Transcendental di hari kedua.
  1. Pemeriksaan Hari Ketiga
Memverifikasi pengalaman dan hasil latihan Meditasi Transcendental di hari ketiga.
Poin-poin tersebut dilakukan satu kali pertemuan selama 1-1.5 jam. Hanya saja yg perlu diperhatikan adalah untuk langkah ke 4,5,6,7 harus dilakukan selama 4 hari berturut-turut, dan ini merupakan syarat yg mutlak harus dilakukan.
http://tmindonesia.com/index
Modul Perkuliahan Inovasi Psikoterapi

1 komentar:

  1. Di paragraf pertama, tertulis bahwa TM direalisasikan di India 1955...siapa pendirinya?

    BalasHapus