Kamis, 22 Desember 2011

profil meditasi di indonesia





Definisi Mengenai Meditasi Sangat Banyak, Salah Satunya Adalah Usaha Pengalihan Pikiran Kepada Kesadaran Yang Lebih Tinggi Dengan Tujuan Untuk Memperluhur Jiwa. Sebagaimana Yang Telah Banyak Kita Ketahui Bahwa Meditasi Berasala Dari Cina. Yang Lebih Khusus Lagi Meditasi Berasal Dari Ajaran Budha. Dari Pandangan Lain Yang Tidak Jauh Beda Dalam Mendefinisikan Meditasi Adalah Praktik Relaksasi Yang Melibatkan Pengosongan Pikiran Dari Semua Hal Yang Menarik, Membebani, Maupun Mencemaskan Dalam Hidup Kita Sehari-Hari Makna Harfiah Meditasi Adalah Kegiatan Mengunyah-Unyah Atau Membolak-Balik Dalam Pikiran, Memikirkan, Merenungkan. Arti Definisinya, Meditasi Adalah Kegiatan Mental Terstruktur, Dilakukan Selama Jangka Waktu Tertentu, Untuk Menganalisis, Menarik Kesimpulan, Dan Mengambil Langkah-Langkah Lebih Lanjut Untuk Menyikapi, Menentukan Tindakan Atau Penyelesaian Masalah Pribadi, Hidup, Dan Perilaku.
Di Indonesia Bentuk-Bentuk Meditasi Sangat Beragam, Karena Makna Dasar Meditasi Adalah Perenungan Atau Diam, Hal Ini Berpengaruh Pada Jenis Meditasi Yang Berkembang Yaitu Perbedaan Pada Istilah Adalah Yoga, Meditasi Angka, Meditasi Kundalini Yaitu Meditasi Dengan Memfungsikan Titk Cakra.
Yayasan Meditasi Vipassana Indonesia yang beralamatkan di Jl. H. Ahmad No.99 Kampung Bojong, Gunung Gelis, Kecamatan Sukaraja,Cisarua, Bogor adalaha meditasi yang sederhana dan praktis yang memungkinkan seseorang mampu menghadapi ketegangan dan masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari dengan tenang dan seimbang.Ini adalah cara yang sistematis untuk mengembangkan kebijaksanaan, penguasaan diri dan kedamaian pikiran yang sejati. Prinsip dari meditasi Vipassana adalah untuk mengamati segala proses mental atau fisik yang paling dominan pada saat sekarang.  Kemudian, Meditasi Bali Usaha Perkumpulan Bali Usada Meditasi Telah Dibuka Sejak 14 Agustus 1993. Kantor Pusat Dan City Center Utama Berlokasi Di Daerah Sanur-Bali,Center Tapabrata Tresna Suci Ada Di Desa Baturiti,Kecamatan Baturiti, Sedangkan Forest Island Center Di Desa Peneng, Baturiti, Bali.
Tujuan Terbentuknya Meditasi Ini Adalah Mengajarkan Kepada Para Anggota Dan Masyarakat Umum : Suatu Teknik Meditasi Yang Kami Sebut Dengan "Meditasi Usada"Untuk Kesehatan Badan Dan Pikiran, Kesehatan Secara Menyeluruh Dan Mendidik Sebagai Penyembuh.  
Ada Komunitas Tergar membentuk kelompok meditasi reguler yang menyediakan program pelatihan menyeluruh yang meliputi dasar-dasar praktek meditasi. Dengan menggunakan panduan dua buku Yongey Mingyur Rinpoche, The Joy of Living dan Joyful Wisdom, kelompok kami menggunakan meditasi terpimpin, diskusi dan pelatihan meditasi harian untuk mengeksplorasi budidaya kesadaran, empati dan wawasan – yang merupakan landasan latihan spiritual. Pendekatan Tergar menekankan pada pengalaman langsung dan integrasi meditasi dengan kehidupan sehari-hari, menampilkan teknik yang dapat dipraktekkan siapa saja, apapun agamanya dan apapun latar belakang budayanya. Jika anda baru mulai bermeditasi, kelompok meditasi reguler akan memberikan ajakan ringan untuk memasuki dunia meditasi. Bagi anda yang telah mengikuti program Joy of Living ataupun Path of Liberation, maka kelompok ini akan menyediakan kesempatan yang sangat bagus untuk memperdalam pengetahuan dan pengalaman dari unsur-unsur inti spiritual.
Take a look


ww.indonesian.dhamma.org/schjavaid.htm
www.baliusada.com/ 
http://tergar.or.id/category/program/program-meditasi-lokal/

1 komentar:

  1. Syifa belum memaparkan secara jelas profil meditasi di Indonesia...yg sudah dipaparkan hanya cara dan tekhnik melakukan meditas...(profil bisa berbentuk yayasan, atau pengajian dll)

    BalasHapus